Minggu, 31 Mei 2015

contoh RPP bahasa Inggris untuk SMA



PERTEMUAN PERTAMA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok/Chapter
Alokasi Waktu
: SMA/SMK/MAK
: Bahasa Inggris
: X/1
: Expressing Intention/3
: 2 JP x 45’

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Kompetensi Dasar
3.4     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

2.      Indikator
a.     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu,
b.     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu,
c.      Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu,
d.     Terampil menggunakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan mempelajari “Expressing Intention” adalah sebagai berikut :
a.     Siswa mampu memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu,
b.     Siswa mampu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu,
c.      Siswa mampu menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu,
d.     Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Teks tulis berbentuk cerita / dialog singkat tentang “expressing Intention”.
1.      Fungsi Sosial
Menyatakan rencana
2.      Struktur Teks
‘I’d like to tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend
3.      Unsur Kebahasaan
Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                 : Scientifik
Model                          : project based learning
Strategi                        : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan individu dan kelompok       proyek.

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

Media
Alat
Sumber Belajar
-Power Point Presentation

- Gambar

- Video

-Loud Speaker + Laptop

-Papan tulis + spidol

-In-focus
-suara guru + buku siswa kurikulum 2013 untuk kelas x sma/ma/mak







G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan (15’)
a.       Mengucapkan salam dan berdo’a;
“Assalamu’alaikum wr wb … ok class before we start our lesson today, let’s say basmalah”

b.      Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis;
How are you this morning? Everything gonna be ok? Any absent today ? And please save another thing except english book, because we will start our lesson

c.       Guru mengulang sekilas materi minggu lalu;
Teacher: “Rahmi, look at your veil. it’s such a beautiful veil”
Students: “oh, thank you mam, it is my favorite veil”

“Alright students, who knows what expressing that I use just now ?
well,last week we have already studied about complimenting and showing care or sympathy, so when we use this expression, anybody knows ?”

d.      Memberikan brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan;
“ok students, for example you look your friend have different condition than before you may use expression complimenting and showing care or sympathy, maybe she is sick and you want to accompany her to go to hospital what will you say ?
another example :
What are you going to do in the rest time today?, suppose you have graduated from this school now. What are you going to do ?

e.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
based on my questions previously, now, please guess! What topic are we going to discuss today?

f.       Memberikan brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan;
What are you going to do in the rest time today?, suppose you have graduated from this school now. What are you going to do ?

g.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.





2.      Kegiatan Inti (65’)

No
Tahapan Pendekatan Saintifik
Guru
Siswa
1.       
Mengamati
Guru menampilkan berbagai gambar,
Description: C:\Users\HP\Documents\RPP new gua\rpp bahan\6898125431_02bdd35d2b.jpgDescription: C:\Users\HP\Documents\RPP new gua\rpp bahan\2Everland-is-the-world-of-entertainment.jpg
Description: C:\Users\HP\Documents\RPP new gua\rpp bahan\gunung-merapi1.jpg

Guru menuntun siswa tentang hal-hal yang dapat didiskusikan dengan teman sebangkunya mengenai gambar tersebut,
“Have you visit those place ? And what you know about those place?”

Guru mengawasi dan membantu siswa selama diskusi,

Guru memberi waktu siswa untuk menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan gambar, yang di mulai dari A-Z dengan bahasa Inggris,
“Please write the words that related with those picture and start from later a-z”

Guru membacakan kata-kata tersebut,

Guru meminta siswa untuk menuliskan dan membaca kalimat berdasarkan gambar yang dilihat, dipapan tulis,
“would you like to write it on the whiteboard ?”

Siswa memperhatikan gambar- gambar yang ditampilkan,










Siswa mendiskusikan tentang hal-hal yang terdapat dari gambar tersebut bersama teman sebangkunya,




Siswa berbagi hasil diskusinya didepan kelas,

Siswa menuliskan kedepan,








Siswa mengulangi bacaan kata-kata tersebut,







Siswa menuliskan kalimat dan membacanya didepan kelas,





2.       
Menanya
Guru memberikan stimuli untuk bertanya kepada siswa berdasarkan gambar yang telah ditampilkan, serta mempertanyakan perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
“ok, we will face the holiday soon right, so what will you do in your holiday ?”

Siswa membaca dan menelusuri gambar dan kata-kata yang telah didapat untuk bertanya dan mencari jawaban.
3.       
Mengumpulkan informasi
Guru memutarkan video motivasi tentang kerjasama, dan menjelaskan untuk apa gunanya video tersebut ditayangkan.
“Who knows what the value that we get from the video ?
So based on the vide, if you have to  something with you group just keep the best teamwork with your group.”

Guru meminta siswa untuk mencari temannya untuk bermain peran dalam dialog mengenai expressing intention ,
“so students now, please make dialogue with your friends, but before it’ll show you a video, and i hope that you can be a good teamwork.”

“ok class, time is up. please show your dialogue.”




Guru memberikan informasi mengenai kata atau ungkapan sulit dipahami dalam teks tersebut, (grammar review)

Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi kata-kata yang sebelumnya dibuat berdasarkan gambar kedalam bentuk kalimat.
Siswa memperhatikan,














Siswa bermain peran secara bergantian didepan kelas,













Siswa mencatat informasi yang diberikan guru,









Siswa mengidentifikasi kata-kata tersebut dan membuatnya kedalam kalimat.

4.       
Mengasosiasikan
Guru meminta siswa bekerja berpasangan dan mengerjakan task 2 yaitu membuat kelanjutan rencana dalam bentuk percakapan sesuai dengan apa yang hendak mereka inginkan.

Siswa mengidentifikasi teks yang telah didapat, dan membuat kelanjutannya.
5.       
Mengkomunikasikan




Guru menyuruh siswa untuk bermain peran sesuai  conversation yang baru saja dibuat.

“ok students, now let me invite you to practice the dialogue that you made”
Siswa bermain peran sesuai conversation yang baru saja dibuat.



3.      Kegiatan Penutup (10’)
a.       Guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
Ok student, today we have finish our lesson.
so students, in our live days we do activities and of course it need some plans right? to say it we use expressing intention as you have already studied”

b.      Guru memberikan umpan balik pembelajaran
“Who can retell our lesson just know ?
ok students, what will you do after you back to your home? …………..
what will you do in your holiday? …………….”

c.       Guru memberi tugas untuk menulis holiday plan
“Who like holiday in this class ? I believe that all of you like holiday right? Have you some planning for your holiday ? Alright, now please you write your holiday plan, but make sure that you give to me next week, it means your homework for today.”
d.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
“and next week, we will continue our lesson today with interest material again, so prepare your self because next week I want you to performance in front of class.”

H.    PENILAIAN
1.      Jenis/Teknik Penilaian
-          tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.  
Sikap:
-       observasi, penilaian diri, teman sejawat
     (capaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temnnya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
-       Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
     Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan &penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.









2.      Bentuk instrumen
a.       Instrumen penilaian sikap

No
Nama
Sikap
Perolehan Skor
Tanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Sopan
1.






2.






3.






4.













30.







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = tidak pernah;                                   4 = sering;
2 = jarang;                                              5 = selalu.
3 = kadang-kadang;
5 = selalu.

Nilai siswa:
 10 = Nilai     


b.      Instrumen penilaian pengetahuan

No
Nama
Bidang
Perolehan Skor
Pengucapan
Pemahaman
Intonasi
Ketelitian
1.






2.






3.






4.













30.






Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang baik;                         4 = baik;
2 = kurang baik;                                     5 = sangat baik.
3 = cukup baik;

Nilai siswa:
 10 = Nilai

c.       instrumen penilaian keterampilan

No.
Nama
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
Perolehan skor
1
2
3
4
5

1.







2.







3.







4.















30.








Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = tidak pernah;                       4 = sering;
2 = pernah;                                 5 = selalu.
3 = jarang;
Nilai siswa:
 10 = Nilai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis opini mu disini :)